Thursday, March 14, 2013

Kecerdasan Apa yang Kamu Punya?

Jauh sebelum saya lahir, pada tahun 1983, Howard Gardner melalui bukunya, Frames of Mind, telah memetakan 7 jenis kecerdasan. Menarik sekali untuk tahu apa saja kecerdasan yang mungkin ternyata kita miliki, sadar atau tidak sadar.

Kecerdasan-kecerdasan itu antara lain:
1. Verbal-Linguistik
Dari namanya aja, kita bisa tahu kalo jenis ini adalah mengenai kecerdasan dalam berbicara di depan umum, termasuk juga dalam menarik minat pendengarnya. Kecerdasan ini juga menyangkut kepada kemampuan menghafal. Contoh yang sangat nyata adalah Oprah, juga Obama. Masih ingat kunjungan Obama ke INA, ada satu kesempatan beliau berpidato di UI. Gaya bicaranya begitu memesona rakyat Indonesia kala itu.

2. Numerik
Kecerdasan yg menyangkut angka-angka dan segala macam olahannya. Tidak hanya terbiasa dengan angka-angka, orang yang mempunyai kecerdasan ini memiliki daya analisis yang diatas rata2. Perencana keuangan, engineer memiliki kecerdasan ini.

3. Fisik
Tubuh yang memiliki talenta istimewa serta ditambah latihan mengasah fisik dapat membentuk suatu kecerdasan fisik. Contoh orangnya? Wah ga susah disebut juga pasti uda pada tau, yaitu atlet-atlet olahraga terbaik dunia.

4. Ruang
Kemampuan berimajinasi dalam gambar dan ruang. Tak perlu menulis, dengan membayangkan saja sudah lebih dari cukup. Arsitek adalah satunya. Namun biasanya kecerdasan ini dimiliki juga oleh orang-orang kreatif. Lionel Messi tentunya memiliki kecerdasan fisik dengan skill olah bola yang dia punya. Selain itu, dia juga punya kecerdasan ruang yang bagus dalam hal melakukan passing dan shooting-nya yg terkenal mematikan.
Masih ingat laga Barca-Milan 12 Maret lalu. Gol pertama Messi lahir ketika ia mampu melihat celah ruang padahal saat itu dia diapit 5 pemain + 1 kiper.

5. Musikal
Kecerdasan ini gak usah ditanya lagi. Orang yg cerdas secara musikal dapat dilihat dafi style bermain serta karya-karyanya.

6. Interpersonal
Kemampuan bersosialisasi yang bagus, itulah ciri kecerdasan ini. Seringkali orang dengan kecerdasan jenis ini jauh mengenal orang lain melebihi dirinya sendiri. Apakah kamu mudah membuat teman dan membuat mereka tertarik kepadamu?

7. Intrapersonal
Orang yang memiliki motivasi tinggi dalam dirinya dan selalu bangkit menghadapi tekanan atau masalah adalah ciri kecerdasan ini disamping juga pantang menyerah serta sifat-sifat lainnya. Seperti etimologi kata-katanya, kecerdasan ini menyangkut pengenalan akan pribadi masing-masing.

Kesimpulannya adalah kecerdasan tiap orang bisa berbeda-beda dan bisa berupa kombinasi dari kecerdasan-kecedasan diatas. Seperti Messi, dia punya Ruang dan Fisik yang bagus. Obama sepertinya memiliki kombinasi di Verbal-Linguistik (dia adalah seorang sarjana hukum) serta Interpersonal yang mumpuni.

Baik, jadi apa kecerdasanmu? Kalo saya sih bagus di Numerik dan Intrapersonal. Lalu sepertinya saya agak kurang di Ruang. Kecerdasan yang lain sih, masing rata2. Hehm, ternyata masih banyak pr yg harus dibenahi.

No comments:

Post a Comment