Wednesday, March 13, 2013

Cara Berpikir Menghadapi Masalah

Apa itu masalah?
Sebuah situasi yang membutuhkan solusi. Suatu keadaan dimana kenyataan tak sesuai harapan.

Langkah-langkah dalam memecahkan masalah:
1. Kenali masalah
Pada tahap ini, kenali masalah-masalah yang ada dengan mengelompokan berdasarkan keparahan dan kepentingan.
Keparahan menunjukan tingkat urgensi, sedangkan kepentingan lebih ke personal.

2. Tentukan masalah
Ada masalah utama dan ada simtomnya. Simtom adalah masalah sampingan yang timbul dari masalah utama. Maka, masalah utama harus diselesaikan dahulu.
Pelajari secara keseluruhan dan hindari membuat asumsi. Kumpulkan semua informasi yg ada agar ketika eksekusi kita tidak terkecoh terhadap masalah sampingan.

3. Pengamatan yang terfokus
Tingkatan kesadaran dalam mengamati suatu masalah. Hal ini dilakukan dengan observasi, menyimak, dan menghimpun informasi. Jangan telan mentah-mentah suatu informasi karena belum tentu akurat. Fokus dibangun oleh konsentrasi, konteks dan cermat. Konteks adalah suatu kesimpulan yg diambil dari rangkain informasi terpisah.

4. Brainstorming
Ciptakan peta visual tentang pemikiran melalui peta konsep, jaringan, diagram venn, diagram perbandingan, garis besar masalah/solusi.

5. Menentukan tujuan
Tujuan merupakan suatu pernyataan jelas mengenai apa yg ingin dicapai. Penetapan tujuan akan membantu dalam pemilihan solusi terbaik. Tujuan dibagi lagi menjadi tujuan besar dan tujuan kecil. Tujuan kecil merupakan segmentasi dari tujuan besar dan biasanya terbagi dalam batas waktu singkat.

6. Troubleshooting
Ini menyangkut antisipasi terhadap apa yg salah dan mencegahnya menjadi semakin besar. Hal yang harus dilakukan adalah meramalkan masalah serta melihat kecenderungan atau potensi yg dapat melibatkan masalah. Identifikasikan masalah-masalah yang akan atau mungkin merintangi pencapaian tujuan.

No comments:

Post a Comment